Waspada Bahaya Kegemukan Pada si Kecil, Inilah Beberapa Faktornya!

Mempunyai anak gemuk bukan saja menyenangkan tetapi sangat membahagiakan sekali karena terlihat lucu. Bahkan sering sekali hal tersebut dijadikan sebagai patokan dasar keberhasilan dari orang tua dalam memberikan asupan makanan tepat untuk si kecil. Tetapi jika Anda mempunyai buah hati yang gemuk jangan langsung senang terlebih dahulu. Karena ternyata dalam dunia kesehatan sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, salah satunya masalah berat badan yang mengalami obesitas. Penasaran bahaya apa saja itu?

Sebelum membahas mengenai apa saja bahaya dari tubuh yang kegemukan pada anak, Anda perlu paham terlebih dahulu beberapa faktor yang dapat menjadi asal mula kegemukan yaitu:

1. Gaya hidup.
Pola makan yang kurang teratur dan sangat tidak sehat sering sekali menjadi masalah utama kegemukan pada anak. Apalagi jika setiap hari anak mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak jenuh, gula dan garam terlalu tinggi. Bukan hanya makanan tetapi minuman juga mempunyai resiko yang sama.

2. Psikologis.
Tidak sedikit anak yang menjelang remaja mempunyai badan yang sangat gemuk dan tergolong obesitas. Salah satu penyebabnya adalah psikologis, bisa saja stress lalu lari ke makanan dan akhirnya sampai dengan kegemukan. Stress dapat dari berbagai hal, masalah sekolah, pelajaran, pergaulan dan masih banyak lainnya.

3. Genetik.
Jika Anda salah satu orang tua dengan berat badan yang gemuk, bukan tidak mungkin anak yang terlahir mempunyai resiko lebih banyak sama. Apalagi ditambah dengan pola makan yang tidak diatur sejak bayi, kandungan nutrisi pada makanan yang kurang baik dapat menjadi pemicu obesitas pada anak.

Setelah melihat beberapa penyebab seperti diatas, Anda pasti penasaran pula seperti apa saja bahaya yang dapat muncul pada anak kegemukan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kesehatan anak jangka pendek ataupun jangka panjang. Beberapa penyakit yang beresiko banyak sekali seperti penyakit jantung, masalah hormonal, asma, sleep apnea, diabetes mellitus dan masih banyak lagi lainnya. Melihat beberapa contoh penyakit diatas bisa dikatakan cukup serius sekali dan tidak bisa disepelekan begitu saja. Karena sudah banyak sekali kasus obesitas yang ada di Indonesia yang berakhir dengan menghilangnya kebebasan.

Demikian beberapa hal yang bisa Anda pahami dari fakta sesungguhnya dibalik kegemukan pada anak. Setiap anak pasti akan lahir kecil lalu bertambah besar, tetapi setiap usia anak itu ada batasan berat badan ideal. Nah, dalam setiap kali pemeriksaan orang tua harus paham bobot dari anak apakah memang sudah melebihi standar atau masih aman. Jika memang sudah membahayakan pasti dokter juga menyarankan untuk dikurangi berat badannya. Inilah kenapa sangat penting sekali pemahaman bagi orang tua dalam dunia kesehatan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *