Tips Menjaga Kesehatan Anak Selama Mudik Lebaran

Mudik merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan setiap menjelang lebaran, natal, dan juga liburan panjang. Mudik adalah perjalanan menuju kampung halaman dari tempat yang sudah dihuni sebagai tempat kerja ataupun daerah untuk menuntut ilmu. Misalnya mudik yang paling sering dilakukan adalah menjelang lebaran yang mana waktu tersebut juga akan banyak pemudik lainnya di jalan. Sehingga suasana mudik akan sangat terasa. Ketika mudik banyak yang memilih untuk membawa kendaraan pribadi karena turut untuk mengajak anak-anak. Apabila mudik Anda membawa serta anak-anak maka tentu saja Anda harus memperhatikan kenyamanan anak-anak selama mudik terutama untuk kesehatannya. Adapun beberapa tips yang bisa dilakukan agar anak-anak tetap sehat dan nyaman adalah:

1. Istirahat yang cukup
Hal pertama yang harus Anda tetap pastikan ketika mengajak anak-anak untuk mudik perjalanan panjang adalah anak beristirahat dengan cukup. Karena tidak dapat dipungkiri mudik akan terasa menyenangkan untuk beberapa jam pertama untuk anak-anak. Akan tetapi nantinya anak-anak akan merasa bosan dan juga capek. Terutama untuk anak-anak pastikan bahwa mereka mendapatkan istirahat yang cukup karena anak akan paling aktif ketika di perjalanan. Dengan memastikan anak mempunyai istirahat yang cukup juga dapat untuk mencegahnya sakit selama di perjalanan mudik.

2. Memberikan makanan dan minuman yang baik
Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan agar anak-anak tetap sehat selama mudik adalah dengan memperhatikan makanan dan minuman yang di konsumsinya. Pastikan anak mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat seperti buah dan juga pastikan tidak kekurangan cairan selama perjalanan. Karena apabila mengkonsumsi makanan yang tidak sehat maka hal tersebut dapat untuk membuat pencernaannya terganggu dan hal tersebut tentu saja akan tidak nyaman dirasakan ketika anak yang dalam perjalanan. Sehingga pastikan anak-anak mempunyai makanan yang sehat dan hindari untuk memberikan makanan sembarangan.

3. Memberikan vitamin
Hal selanjutnya yang bisa digunakan agar anak tetap sehat selama mudik adalah dengan memberikannya vitamin. Tidak hanya cukup untuk memberikan makanan yang sehat dan juga minuman yang tetap menjaganya agar tidak dehidrasi, Anda juga perlu untuk memberikannya vitamin. Hal tersebut sangat bermanfaat karena dapat untuk membuat daya tahan tubuh anak lebih baik dan terhindar dari berbagai penyakit selama perjalanan mudik.

4. Memperhatikan sanitasi
Dan hal terakhir yang perlu diperhatikan untuk anak selama dalam perjalanan mudik adalah mengenai masalah sanitasi. Pastikan anak tetap bersih dan buang air bersih, buang air besar, dan juga mandi tepat waktunya. Sehingga mereka tetap bersih karena hal tersebut akan sangat berpengaruh untuk kesehatannya. Bagi Anda yang mengajak mudik bayi yang menggunakan pampers juga perlu untuk menggantinya agar anak tidak mengalami masalah iritasi kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *