Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Pada Anak

Setiap orang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda, apalagi untuk anak dan dewasa. Fungsi utama dari sistem imun sendiri adalah untuk memberikan perlindungan dari pengaruh luas seperti infeksi ataupun virus yang dapat menyerang. Jika kekebalan tubuh kurang kuat tentu saja semua serangan tersebut akan mudah sekali masuk dalam tubuh anak. Sebenarnya kekebalan tubuh pada anak yang belum sempurna itu wajar saja, tidak heran jika banyak mengalami serangan penyakit.

Banyak sekali jenis penyakit yang dapat muncul akibat sistem kekebalan tubuh anak kurang baik ataupun terlalu aktif. Hal tersebut sama-sama membahayakan untuk kesehatan anak, apalagi jika kurang kuat. Makanya pada artikel kali ini akan dibahas tips seperti apa saja yang dapat dilakukan para orang tua untuk meningkatkan imun anak yaitu:

1. Pemberian ASI.
Jangan sampai salah, pemberian ASI paling bagus selama 2 tahun tetapi minimal diberikan 6 bulan pertama dari kelahiran. Banyak sekali yang mengatakan dalam dunia kesehatan jika pemberian ASI itu sangat penting sekali karena dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

2. Aktif bermain.
Banyak sekali orang tua yang khawatir ketika anak bermain diluar, kotor-kotoran dan sebagainya. Tetapi jangan salah bunda, karena aktivitas tersebut ternyata bermanfaat baik untuk meningkatkan sistem imun. Keuntungan tersebut didapatkan karena paparan kotor dapat membantu melacak potagen dana melatih kekebalan tubuh.

3. Bahagia.
Banyaknya tertawa pada anak itu merupakan salah satu usaha untuk membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Tidak banyak yang mengetahui jika dengan bahagia dan tertawa lepas dapat membantu memproduksi sel dalam peningkatan kekebalan tubuh sehingga virus, bakteri ataupun kuman tidak mudah menyerang.

4. Cukup istirahat.
Anak yang kurang beristirahat itu selain dapat memicu munculnya rasa lelah dan stress juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Mudah capek karena kurang istirahat akan membuat daya tahan tubuh menurun sehingga mudah sekali terserang berbagai penyakit. Bagi anak yang berusia 3 sampai dengan 12 tahun umumnya memerlukan istirahat 10 jam setiap hari.

5. Pilih makanan baik.
Ternyata ada banyak sekali jenis makanan yang dapat memberikan tambahan atau memperkuat imun tubuh. Hal ini bisa didapatkan dari susu kedelai, ikan dan telur, madu, prebiotik dan masih banyak lainnya.

Orang tua mempunyai peran yang sangat besar sekali dalam pemeliharaan kesehatan anak dalam tubuh kembangnya. Dengan mengetahui beberapa tips peningkat imun seperti diatas bukan tidak mungkin akan lebih mudah menjaga kesehatan dari serangan berbagai penyakit. Jika memang masih kurang maksimal, bisa perhatikan lingkungan sekitar anak seperti kebersihan dan pergaulannya karena mempengaruhi kesehatan. Dengan tubuh yang sehat anak akan lebih mudah melakukan tumbuh kembang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *