Tips Memesan Makanan di Luar Rumah Agar Tetap Mendapat yang Sehat

Bosan makan makanan di rumah atau ketika pasangan tidak masak, pastinya pergi ke luar untuk membeli makanan di restoran atau warung langganan menjadi opsi pertama. Selain ada banyak menu makanan yang bisa dipilih sesuai selera saat itu, Anda juga bisa sekalian jalan-jalan untuk menghilangkan penat. Sayangnya, makanan yang dijual di luaran belum tentu sesuai dengan syarat kesehatan yang Anda inginkan. Anda tak akan tahu apa yang ditambahkan oleh penjual kepada masakannya sehingga tak ada jaminan makanan tersebut sesehat buatan rumah. Namun ada cara-cara yang bisa dilakukan agar makanan yang Anda pesan menjadi lebih sehat dari makanan yang dijual pada umumnya.

Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan saat makan di luar rumah namun tetap ingin makanan yang dikonsumsi tetap sehat seperti makanan yang dimasak sendiri:

1. Jangan malu untuk pesan secara detail.
Jika Anda mengerti pantangan bahan makanan untuk kesehatan Anda sendiri, maka jangan malu untuk memesan makanan secara detail. Misalnya Anda memiliki alergi terhadap seafood, maka pastikan bahan makanan yang digunakan tak memakai bahan olahan seafood. Selain itu jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, maka minta penjual untuk mengurangi garam. Hal ini juga berlaku pada penggunaan gula dan msg yang buruk untuk kesehatan.

2. Hilangkan bagian yang tidak diinginkan.
Jika Anda sedang dalam proses diet misalnya, jangan makan bagian yang diketahui memiliki kandungan lemak tinggi. Misalnya memesan ayam goreng, maka tinggalkan bagian kulitnya. Begitu juga untuk kacang-kacangan jika Anda memiliki gangguan jerawat.

3. Hindari ngemil yang kurang sehat.
Biasanya sembari menunggu hidangan utama disajikan, ada banyak cemilan yang disediakan di meja. Jika Anda ingin makan cemilan, pilihlah yang menyehatkan untuk Anda misalnya satu telur puyuh, perkedel dan sebagainya. Kurangi makan gorengan atau makanan lain yang lebih banyak mengandung kolesterol dan lemak.

4. Jangan banyak menggunakan saos.
Campuran makanan sering disediakan secara bebas di meja makan. Ada baiknya Anda tak memakai campuran makanan tak alami terlalu banyak seperti saos dan bumbu lainnya.

5. Hindari minuman bergula dan bersoda.
Hindari memesan minuman juice, soda dan minuman instan saat makan di luar rumah untuk menjaga kadar gula dan kerja ginjal.

Dengan menerapkan cara di atas, Anda tetap bisa mengusahakan kesehatan diri meski sering makan di luar. Namun ada baiknya menyempatkan diri untuk memasak di rumah sehingga Anda bisa menyesuaikan menu dan cara penyajian yang sesuai dengan kesehatan tubuh Anda dan keluarga. Jika memang jajan makanan di luar menjadi hal yang terelakkan, jangan malu untuk melakukan tips di atas demi kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *