Ternyata Inilah 4 Efek Diet Tidak Sehat yang Berbahaya

Berat badan ideal merupakan tujuan utama mengapa banyak orang memutuskan untuk diet. Terutama bagi yang ingin menurunkan berat badan sehingga mempunyai berat badan ideal biasanya akan mempunyai banyak cara untuk melakukan diet. Seperti dengan memilih jenis diet yang cocok yang bahkan juga dengan mengurangi porsi makanan dan juga tidak makan sesuai dengan aturan dengan hanya makan sehari sekali atau dua kali. Padahal idealnya Anda harus makan tiga hari sekali untuk mendapatkan gizi yang seimbang. Ketika memilih diet yang salah dan tidak sehat sendiri bisa untuk menimbulkan beberapa resiko yang akan dialami. Seperti misalnya hal yang dialami ketika sedang diet seperti berikut ini:

 

  • Rambut rontok

Efek pertama yang pasti dirasakan ketika sedang melakukan diet terutama diet yang tidak benar adalah mengalami rambut rontok. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi yang diterima oleh tubuh selama diet. Sehingga dengan kurangnya asupan gizi tersebut juga membuat rambut lebih mudah rontok. Bahkan apabila Anda melakukan diet secara berlebihan dengan tidak mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, maka akan memperparah rambut rontok yang dialami. Dan tidak mungkin akan mengalami kebotakan atau efek lebih buruk lainnya apabila tidak segera mengganti pola diet yang lebih sehat.

 

  • Lemas hingga gemetar

Efek kedua yang paling sering dialami ketika diet adalah tubuh akan mengalami tubuh yang lemas. Karena mengkonsumsi makanan yang lebih sedikit daripada porsi yang biasanya dikonsumsi maka hal tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih lemas. Terutama yang melakukan diet ekstrim dengan mengkonsumsi makanan yang sangat sedikit dan tidak mencukupi kebutuhan kalori setiap harinya. Merasa lemas hingga badan gemetar akan menjadi hal yang pasti dialami.

 

  • Kehilangan pendengaran

Efek lainnya yang biasanya dirasakan adalah bisa kehilangan pendengaran. Terutama bagi yang pernah diet ekstrim yang hanya mengkonsumsi makanan sangat sedikit misalnya 3 sendok saja setiap hari. Hal tersebut akan sangat berdampak buruk karena bisa untuk mengganggu kesehatan. Tidak hanya kesehatan pencernaan tetapi juga dapat untuk menghilangkan pendengaran dan tubuh gemetar lebih sering. Bahkan efek lainnya yang bisa terjadi adalah bisa pingsan disebabkan oleh tubuh yang tidak mengkonsumsi makanan sehat sehingga mengganggu kesehatan seperti darah rendah.

 

  • Anoreksia

Dan efek terakhir yang sangat berbahaya bagi yang tidak menjalankan diet yang tidak sehat adalah mengalami anoreksia. Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan secara cepat sehingga bisa tidak makan sama sekali. Dengan hasil cepat tersebut orang akan cenderung terobsesi dan tidak tahu akan berhenti. Oleh karena itulah banyak orang yang mengalami anoreksi dengan selalu terobsesi menurunkan berat badan walaupun sebenarnya berat badannya sudah ideal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *