Tangan Sering Terasa Dingin? Mungkin Ini Penyebabnya

Beberapa orang bahkan hampir semua orang pernah merasakan kaki dan tangan terasa dingin ketika udara lebih dingin dari biasanya. Dengan adanya udara yang lebih dingin tentu saja tubuh dengan otomatis akan terus berusaha untuk membuat suhu di dalam tubuh kita tetap normal. Dengan adanya kondisi tersebut maka tubuh akan berusaha lebih banyak mengalirkan darah ke organ tubuh vital yaitu jantung dan paru-paru sehingga menyebabkan beberapa bagian tubuh lainnya terasa lebih dingin seperti tangan dan kaki. Selain itu ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dinginnya tangan dan kaki, seperti :

 

  • Tekanan darah rendah

 

Bebrapa ahli kesehatan menjelaskan bahwa tangan yang sering sekali dalam keadaan dingin bisa menjadi tanda dari beberapa penyakit tertentu dan salah satunya adalah tekanan darah rendah atau hipotensi. Namun hipotensi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa factor yang lain seperti mengkonsumsi obat-obatan tertentu, perdarahan, gangguan system endokrin, bahkan dehidrasi. Ketika kondisi tekanan darah rendah, aliran darah otomatis akan difokuskan ke organ vital yang menyebabkan aliran darah ke bagian tubuh yang lain seperti jari-jari tangan dan kaki pun berkurang sehingga terasa lebih dingin.

 

  • Stress

 

Selain menjadi tanda adanya masalah kesehatan, seringkali kondisi tangan yang dingin dapat menandakan kondisi dari mental kita. Misalnya ketika kita sedang stress, gugup, atau ketika kita sedang merasakan cemas yang berlebih. Saat kita sedang mengalami hal tersebut otomatis tubuh akan melakukan mode fight or flight sehingga menyebabkan hormone adrenalin yang ada di dalam tubuh pun meningkat dan membuat pembuluh darah semakin menyempit terutama pada bagian tangan dan kaki.

 

  • Perokok

 

Tidak hanya itu ternyata tangan yang sering sekali terjadi pada perokok, mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh kandungan nikotin yang ada dalam rokok sehingga menimbulkan efek samping penyempitan pembuluh darah dengan menumpukan plak yang semakin banyak dalam aliran darah. Hal itu yang menyebabkan aliran darah yang menuju kaki dan tangan menurun. Hal ini pun sangat berbahaya bagi tubuh, karena plak yang menyumbat pembuluh darah tersebut akan menyebabkan masalah penyakit serius seperti kolesterol yang tinggi dan stroke.

 

  • Penyakit serius

 

Ini adalah hal yang wajib untuk diperhatikan selain dari tiga tanda di atas. Ahli kesehatan selalu menyarankan kita untuk lebih mewaspadai kondisi tangan yang terlalu sering berada dalam kondisi dingin karena lebih banyak berkaitan dengan penyakit yang lebih serius. Seperti :

  1. Penyakit Raynaud

Penyakit Raynaud bisa menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah yang ada di jari tangan, jari kaki, hidung dan telinga.

  1. Hipotiroid

Hipotiroid adalah kondisi yang menyebabkan penurunan aktivitas tiroid di dalam tubuh. Hal ini akan membuat berbagai fungsi tubuh menurun dengan gejala seperti tubuh yang mudah lelah, sembelit, berat badan naik, dan tangan yang sering terasa dingin.

  1. Anemia

Anemia membuat jumlah sel darah merah menurun dan hal ini akan mempengaruhi distribusi oksigen ke seluruh bagian tubuh. Hal ini juga bisa menyebabkan jari tangan terasa dingin.

  1. Penyakit autoimun

Tangan yang terasa dingin bisa jadi terkait dengan penyakit autoimun seperti penyakit lupus, rheumatoid arthritis, dan scleroderma yang tentu tidak bisa disepelekan.

Melihat adanya fakta ini, jika kita sering mengalami gejala tangan yang terasa dingin, sebaiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mengetahui apa penyebab pastinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *