Sering Pakai Lensa Kontak? Ikuti Tips Berikut Agar Mata Tetap Sehat

Memiliki warna mata yang cerah dapat mempercantik penampilan seseorang. Hal itu bisa didapatkan dari penggunaan lensa kontak yang saat ini sedang menjadi trend khususnya untuk wanita. Selain untuk memberikan warna lensa yang unik, kontak lens juga bisa digunakan untuk mengganti kacamata minus. Namun karena selalu dipakai dengan cara menempel langsung pada mata, penggunaan kontak lens perlu mendapatkan perhatian yang lebih dibandingkan memakai kacamata. Agar mata tetap sehat dan tak timbul gangguan kesehatan mata yang lainnya, maka Anda perlu memperhatikan berbagai hal yang berhubungan dengan penggunaan kontak lens.

Berikut ini adalah tips pemakaian kontak lens agar mata tetap sehat dan mendapatkan manfaat dari penggunaan kontak lensa tersebut:

1. Kontak lensa memiliki batasan penggunaan yang selalu harus Anda penuhi untuk menjaga kesehatan mata. Jangan gunakan kontak lens yang sudah melebihi batas Ednya.
2. Selain kontak lens, cairan pembersihnya juga memiliki tanggal kadaluarsa. Pastikan Anda hanya menggunakan cairan pembersih yang belum lewat tanggal kadaluarsanya.
3. Cuci tangan menggunakan sabun sebelum menyentuh lensa kontak baik saat akan memakai maupun melepaskannya.
4. Perhatikan kebersihan lensa kontak meski saat tidak dipakai. Ganti tempat penyimpanan lensa kontak minimal 3 bulan sekali untuk menghindari pertumbuhan bakteri. Simpan lensa kontak di tempat yang sejuk.
5. Jangan menggunakan kontak lensa saat tidur, berenang, mandi atau saat mata Anda mengalami gangguan kesehatan seperti iritasi.
6. Jaga kondisi mata agar tidak kering saat menggunakan kontak lensa.
7. Patuhi peraturan yang diberikan oleh produsen kontak lens yang Anda gunakan.
8. Gunakan hanya kontak lens yang berkualitas.

Mata adalah indra penglihatan yang sangat besar manfaatnya untuk manusia. Karena itu menjaga kesehatannya semaksimal mungkin akan memberikan keuntungan yang besar kepada Anda. jangan enggan untuk mengganti kontak lens lama atau membeli kontak lens dengan harga yang lebih mahal jika memang itu merupakan produk berkualitas. Namun meski kontak lens sekarang ini sedang trending, jika Anda tidak cocok menggunakannya, jangan dipaksakan agar tidak menyakiti mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *