Jangan Lakukan Hal Ini Jika Tak Ingin Mata Menjadi Minus

Mata adalah panca indera yang paling penting untuk manusia. Dengan mata yang sehat, Anda bisa melihat berbagai hal dan melakukan berbagai aktifitas dengan leluasa. Bayangkan jika mata Anda menjadi sakit sehari saja, pasti akan banyak hal yang terlewatkan dan bisa merugikan Anda. Sakit pada mata bukan hanya dikarenakan penyakit saja. Mata juga bisa berkurang daya tangkapnya dikarenakan kebiasaan buruk yang dilakukan. Meski terlihat sepele, namun banyak kebiasaan buruk yang dilakukan manusia tanpa mereka sadar bahwa hal tersebut bisa membuat mata cacat dan terus menurun daya kerjanya.

Jika Anda ingin terus memiliki mata yang sehat, jangan lakukan hal-hal berikut ini:

1. Menatap layar handphone / komputer terlalu lama.
Layar yang bersinar dan memancarkan radiasi jika dipandang terlalu lama akan menyebabkan mata mengalami penurunan kinerja. Karena itu jika Anda memang harus memandang layar komputer untuk bekerja, beri jeda setelah bekerja selama 20 menit. Istirahat tak perlu dengan tidur, namun cukup mengalihkan pandangan selama beberapa menit atau memejamkan mata sebentar sebelum memulai lagi.

2. Membaca text yang terlalu kecil.
Membaca tulisan terlalu kecil baik di layar hp, komputer maupun buku juga memiliki resiko menurunkan kinerja mata. Pupil mata akan dipaksa mengenali text yang terlalu kecil sehingga bekerja terlalu berat. Jika memungkinkan, perbesar text yang Anda baca agar mudah dilihat oleh mata.

3. Melihat televisi di malam hari.
Jangan suka melihat televisi di malam hari dimana Anda mematikan lampu. Cahaya yang keluar dari televisi tidak bisa diprediksi sehingga terkadang terlalu terang dan tiba-tiba menjadi terlalu redup. Mata akan dipaksa untuk menyesuaikannya agar bisa melihat dengan baik. Sering kali tanpa sadar Anda bahkan harus memicingkan mata agar bisa menikmati tayangan televisi. Hal ini bisa membuat mata menjadi stres dan berakibat bertambahnya derajat minus mata.

4. Tidur dengan kontak lens.
Anda yang mengenakan kontak lens, selalu ingatkan diri untuk melepaskan kontak lens sebelum tidur. Kontak lens yang dipakai terlalu lama apalagi saat tidur akan membuat kornea menjadi kering. Selain itu Anda juga bisa terkena infeksi mata akibat lensa yang menjadi kurang steril.

5. Membaca di kendaraan.
Suka membaca sembari mengisi waktu di dalam mobil? Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut karena dengan keadaan jalan yang tidak rata, pandangan akan menjadi kurang stabil sehingga mata akan kesulitan membaca.

Dengan mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk di atas, Anda akan mengurangi resiko bertambahnya minus mata secara signifikan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin dan mineral penting untuk memperlancar peredaran darah di syaraf mata serta beristirahat cukup agar mata mendapatkan waktu untuk rehat sehingga kembali fresh saat dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *