Inilah Beberapa Makanan Terbaik untuk Menambah Kadar Hemoglobin

Ketika akan mendonorkan darah biasanya akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan yang paling umum adalah mengenai tekanan darah dan juga kadar hemoglobin yang dipunyai. Biasanya untuk dapat mendonorkan darah maka kedua hal tersebut harus normal dan tidak boleh kurang. Karena apabila kadarnya darah dan juga hemoglobin rendah maka akan ditolak untuk donor darah dan disarankan untuk donor darah lain kali ketika keduanya sudah dalam kondisi normal.

Kadar hemoglobin sendiri merupakan sel darah merah yang ada di dalam tubuh dan terdiri dari zat besi. Hemoglobin mempunyai tugas untuk dapat membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Sehingga mempunyai kadar hemoglobin yang normal merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan agar tetap hidup sehat. Kadar hemoglobin yang rendah sendiri pada umumnya disebabkan oleh pola konsumsi makanan yang kurang sehat dan tidak kaya dengan zat besi. Oleh karena itulah sebaiknya pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup zat besi agar kadar hemoglobin selalu normal.

Adapun beberapa makanan yang bisa dikonsumsi dengan kandungan zat besi yang cukup dan bisa untuk membuat kadar hemoglobin tetap seimbang atau naik ketika sedang turun adalah sebagai berikut ini:

1. Jenis makanan pertama yang bagus dikonsumsi untuk menambah kadar hemoglobin adalah sayuran yang kaya dengan zat besi seperti bayam.
2. Jenis makanan lainnya adalah kacang-kacangan seperti kacang merah, buncis, kacang hitam, dan juga kedelai.
3. Makanan lainnya adalah buat bit dan juga semangka.
4. Sayuran yang mengandung banyak vitamin c seperti kubis, tomat, brokoli, dan juga kubis.
5. Mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi, kambing, dan hati ayam yang kaya zat besi.

Anda bisa untuk mengkonsumsi makanan seperti di atas agar kadar hemoglobin tetap normal ataupun seperti yang telah disebutkan di atas bisa untuk meningkatkan kadar hemoglobin ketika sedang turun. Pada umumnya kadar hemoglobin normal adalah 11 hingga 12 sehingga pastikan untuk tetap mempunyai kadar yang normal. Karena apabila mempunyai kadar hemoglobin yang rendah akan dapat menimbulkan lesu, pusing, sakit kepala, hingga mengalami sesak napas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *