Ini Dia Makanan yang Tepat untuk Para Penderita Asam Lambung

Memiliki penyakit asam lambung tentunya sungguh tidak enak karena rasanya yang nyeri pada ulu hati hingga sensasi panas di dada dan tenggorokan. Penyakit asam lambung bersifat kronis dan penderitanya bisa mengalami kondisi asam lambung naik setidaknya dua kali per minggu, bahkan bisa sewaktu-waktu kambuh. Saat asam lambung naik, makanan yang dikonsumsi tidak boleh sembarangan. Karena dikhawatirkan kondisi asam lambung yang diderita akan semakin parah.

Bagi penderita, perlu mengetahui jenis makanan yang bisa memicu asam lambung naik, seperti cokelat, makanan dengan lemak tinggi, makanan pedas, jenis buah-buahan yang asam, bawang bombay, bawang putih, tomat, dlsb. Sebaliknya, bagi penderita asam lambung sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis makanan berikut ini:

1. Jahe.
Rempah-rempah yang satu ini jika dikonsumsi mampu menghangatkan tubuh, selain itu juga mampu mengurangi resiko naiknya asam lambung. Hal ini lantaran karena jahe memiliki sifat anti peradangan yang mampu mengatasi permasalahan pencernaan, salah satunya untuk penyakit asam lambung.

2. Oatmeal.
Makanan kaya serat sangat baik dikonsumsi bagi penderita asam lambung karena mampu mengurangi gejalanya. Oatmeal yang kaya akan serta mampu menyerap asam lambung, sehingga gejala refluks asam lambung bisa diperkecil. Selain itu, mengkonsumsi oatmeal juga akan membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Lidah buaya.
Dikenal sebagai obat penyembuhan alami, Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk mengobati penyakit asam lambung. Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk minuman atau pengental pada olahan masalah yang dibuat.

4. Sayuran hijau.
Beberapa sayuran hijau, seperti brokoli, kembang kol, buncis, asparagus, dan beberapa bahan lainnya seperti kentang, selada, dan timun dipercaya baik untuk menurunkan asam lambung dan menyehatkan pencernaan.

5. Daging tanpa lemak.
Bagi penderita asam lambung, makanan berlemak merupakan salah satu pantangan. Untuk itu, saat mengkonsumsi daging, ikan, atau makanan laut lainnya sangat disarankan untuk memilih yang tanpa lemak, tanpa kulit, serta yang diolah dengan cara dikukus, direbus, dibakar atau dipanggang.

6. Pisang.
Buah ini sangat tepat bagi penderita asam lambung karena kandungan pH di dalamnya. Selain pisang, ada buah lain yang bisa dikonsumsi penderita penyakit ini, seperti apel, melon, pir, dlsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *