Ini Dia Bahaya yang Ditimbulkan Apabila Makan Terlalu Cepat

Ketika makan bersama akan ada beberapa tipe orang yang ada pada meja makan tersebut. Dan satu hal yang mudah untuk dilihat adalah dari berapa lama orang menghabiskan makanannya. Karena akan ada tipe orang yang menghabiskan makanan sangat cepat, dengan intensitas sedang atau normal, dan tentu saja yang menghabiskan makanannya dalam waktu yang relatif lebih lama daripada yang lain. Tipe orang yang menghabiskan makanannya sangat cepat sendiri akan menunggu orang lain makan apabila akan pergi bersama-sama. Sehingga memang waktu makan terbaik adalah yang normal tidak terburu-buru atau terlalu lama. Karena apabila makan terburu-buru dan terlalu cepat seperti langsung menelan makan tanpa mengunyah juga akan berbahaya untuk kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang dapat dialami adalah:

1. Obesitas
Masalah pertama untuk orang yang sering makan terlalu cepat adalah lebih mudah terserang obesitas. Karena makan terlalu cepat biasanya merek tidak bisa untuk mengenali kenyang sehingga asupan kalori yang dibutuhkannya lebih tinggi daripada yang dibutuhkan. Oleh karena itulah orang yang makannya terlalu cepat akan makan terlalu banyak karena tidak bisa mengenali rasa lapar seperti pada orang yang makannya pelan. Dimana orang yang makannya lama dapat mengenali rasa kenyang dari sinyal yang dikirimkan otak.

2. Diabetes
Masalah kesehatan selanjutnya yang dapat ditimbulkan oleh kebiasaan makan terlalu cepat adalah diabetes. Penyakit gula ini merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya karena mempunyai banyak pantangan dan juga tidak bisa sembuh total. Pada penelitian yang dilakukan bahwa salah satu penyebab diabetes adalah karena makan terlalu cepat. Hal tersebut dapat menyebabkan kenaikan glukosa dalam jumlah besar sehingga bisa mengalami resistensi insulin. Apabila hal tersebut terus menerus terjadi maka tubuh tidak mampu untuk mengendalikan kadar gula darah dan akan terkena diabetes. Oleh karena itulah sebaiknya Anda tidak makan banyak dalam sekali waktu.

3. Penyakit jantung
Penyakit selanjutnya yang bisa diakibatkan oleh kebiasaan makan cepat adalah masalah yang terjadi pada jantung. Hal ini didapatkan dari penelitian seorang ahli jantung dari Jepang yaitu Dr. Takayuki Yamaji. Dimana dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa dari 1000 peserta yang diteliti dalam kurun waktu lima tahun dari kecepatan makannya. Kelompok makan dengan waktu yang cepat yang mempunyai resiko penyakit jantung dan stroke paling tinggi daripada kelompok makan lambat dan normal.

4. Asam lambung naik
Dan penyakit lainnya yang dapat disebabkan karena makan yang terlalu cepat adalah asam lambung mudah naik. Hal tersebut karena apabila makan terlalu cepat akan memicu refluks asam lambung karena masukkan makanan yang masuk ke lambung dalam jumlah besar dalam sekali waktu. Oleh karena itulah apabila hal terjadi dilakukan terus menerus akan terjadi masalah komplikasi dari sakit perut hingga susah menelan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *