Ini Dia 6 Langkah Mudah Mengatasi Si Kecil Susah Makan

Usia 1 hingga 3 tahun menjadi masa-masa emas bagi buah hati, entah itu dari segi pertumbuhan fisik maupun perkembangan otak mereka, sehingga dibutuhkan asupan nutrisi yang seimbang untuk menunjang hal tersebut. Namun sering kali banyak juga diantara orang tua yang menghadapi masalah berkaitan dengan tumbuh kembang buah hati tersebut, salah satu faktor pemicunya adalah asupan makanan yang mereka konsumsi kurang. Dalam artian buah hati tersebut sangat sulit untuk dipaksa makan.

Bukan hal yang baru lagi dengan kondisi semacam ini bukan. Buah hati yang sulit makan nantinya tak hanya mempengaruhi kondisi kesehatan mereka saja, melainkan juga perkembangan otaknya. Sehingga mau tak mau para orang tua harus menemukan solusi terkait dengan kondisi tersebut. Jangan khawatir berikut ini ada beberapa langkah dalam mengatasi buah hati yang sulit makan, diantaranya adalah:

1. Ajak mereka untuk makan bersama, artinya tak jarang anak-anak yang akan ikut makan jika seandainya orang tuanya makan, untuk itu orang tua sendiri juga harus makan sehingga nantinya si kecil mau untuk mengkonsumsi sesuatu.
2. Sabar, bukan hal yang baru lagi jika seandainya banyak orang tua yang kurang sabar dalam menghadapi kondisi buah hati yang semacam ini, padahal ini adalah fase yang cukup wajar terjadi dalam kehidupan si kecil. Sabar dan ketahui bahwa nantinya si kecil juga akan tetap makan ketika mereka sudah merasakan lapar.
3. Jadikan sebagai rutinitas wajib, artinya buatlah jadwal pukul berapa nantinya mereka harus makan, karena dengan demikian maka akan menjadi sebuah kebiasaan, pada jam tersebut maka buah hati akan secara otomatis merasakan lapar, sehingga mereka juga tidak akan rewel ketika diajak makan.
4. Batasi minuman mereka, bisa jadi si kecil sulit makan faktor penyebabnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi minuman, sehingga perut mereka akan sangat mudah merasa kenyang. Untuk itu ada baiknya jika Anda membatasi pemberian minuman untuk buah hati, sehingga pada jam makan mereka akan lebih lahap.
5. Berikan menu makanan yang tampilannya menarik, ada baiknya bunda memberikan variasi makanan yang tidak hanya enak, melainkan juga dari segi tampilannya menarik, karena dengan tampilan menarik ini maka nantinya akan lebih menggugah selera mereka untuk makan.
6. Gunakan porsi yang lebih kecil, apalagi untuk mereka yang sulit dipaksa makan, namun hendaknya meskipun porsi kecil, namun diberikan secara lebih sering.

Coba terapkan sendiri di rumah, asupan makanan yang tepat akan membantu mendukung tumbuh kembang buah hati dan juga membuatnya lebih sehat. Jika kebutuhan nutrisinya tidak tercukupi takutnya akan sangat menganggu rutinitas mereka kedepannya, Anda juga bisa memberikan mereka multivitamin untuk meningkatkan nafsu makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *