Ini Dia 4 Kebiasaan Sehat yang Perlu Diajarkan Pada Anak

Pola hidup yang sehat tidak hanya dibutuhkan untuk orang dewasa dan juga orang tua yang dihantui dengan berbagai penyakit yang mulai menyerang. Akan tetapi sebaiknya Anda menanamkan kebiasaan yang baik dan juga pola hidup sehat semenjak dini pada anak-anak. Dengan begitu anak-anak akan melakukan gaya hidup sehat dan kebiasaan yang baik untuk kesehatan tersebut tanpa paksaan dan dilanjutkan hingga remaja dan dewasa. Adapun beberapa contoh kebiasaan sehat yang perlu diajarkan pada anak semenjak dini adalah sebagai berikut:

1. Mengkonsumsi buah dan sayur
Hal pertama yang perlu diajarkan pada anak semenjak dini karena sangat berpengaruh pada kesehatan adalah mengkonsumsi buah dan sayur. Banyak anak yang takut untuk mengkonsumsi buah dan juga sayuran. Sehingga hal tersebut membutuhkan kreatifitas orangtuanya untuk dapat membuat anak untuk mau mengkonsumsi buah dan sayur. Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk membuat anak menyukai buah dan sayur. Seperti dengan memasukkannya ke dalam makanan yang disukai, membuat bentuknya menjadi lebih lucu, dan juga dapat untuk memasaknya dalam berbagai menu makanan sehingga anak tidak bosan. Sehingga semenjak dini akan lebih baik untuk orangtua mengajarkan anak untuk menyukai buah dan sayur karena selain rasanya enak juga sehat untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

2. Mengajarkan anak untuk cuci tangan menggunakan sabun
Kebiasaan baik selanjutnya yang perlu diajarkan pada anak adalah dengan membersihkan tangan menggunakan sabun. Anak sering kali akan mengkonsumsi makanan tanpa membersihkan tangan terlebih dahulu. Padahal bisa saja hal tersebut membuatnya sakit pencernaan, oleh karena itulah penting untuk selalu mengajarkan anak untuk mencuci tangan dengan sabun sebagai langkah sederhana hidup sehat.

3. Mengajaknya olahraga
Hal selanjutnya yang bisa diajarkan agar anak menerapkan pola hidup sehat semenjak dini adalah mengajarkan untuk olahraga. Dimana hal ini juga tentu saja membutuhkan orangtua yang juga menyukai olahraga. Sehingga bisa untuk melakukan olahraga bersama-bersama bersama keluarga. Lakukan kebiasaan olahraga yang menyenangkan untuk anak seperti misalnya senam, berenang, jogging, dan juga olahraga lainnya yang tidak membuat anak capek dan merasa senang. Dengan menghabiskan waktu bersama anak dengan olahraga hal tersebut akan membuatnya merasa romantisme sendiri ketika olahraga dan menjadi kebiasaan yang menyenangkan hingga dewasa.

4. Tidak melewatkan sarapan
Dan kebiasaan terakhir yang perlu dilakukan dan diajarkan pada anak adalah tidak melewatkan sarapan. Dimana sarapan tidak hanya dapat untuk memberikan energi tubuh yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas seharian. Tetapi tidak melewatkan sarapan juga dapat membantu untuk mengontrol berat badan lebih baik. Penelitian tersebut dilakukan oleh Harvard Medical School yang menunjukkan bahwa dengan melewatkan sarapan justru akan meningkatkan resiko obesitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *