Gigi Anak Sakit Namun Takut ke Dokter Gigi? Coba Cara Ini Saja!

Selera makan anak memiliki pengaruh penting untuk menjaga pola makannya sehari-hari. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi selera makan atau nafsu makan anak diantaranya adalah kesehatan gigi dan mulut. Jika anak sakit gigi, dapat mempengaruhi selera makannya menjadi lebih sulit dikarenakan gigi yang seharusnya digunakan untuk makan menjadi sakit saat digerakkan. Pergi ke dokter gigi untuk mengatasinya adalah cara yang paling benar dilakukan, namun tak jarang si kecil tak mau pergi karena ketakutan.

Bagi Anda yang memiliki anak kecil dengan rasa takut saat ke dokter gigi, Anda perlu mengetahui cara-cara untuk mengurangi sakit gigi tanpa perlu datang ke dokter gigi. Cara-cara tradisional dan sederhana sudah terbukti mampu menghilangkan sakit gigi tanpa Anda pergi ke dokter. Namun tentu saja cara-cara ini belum mengobati hingga menghilangkan penyebabnya sehingga saat gigi sudah tidak sakit, sangat dianjurkan untuk tetap mengajak si kecil ke dokter gigi.

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan sakit gigi pada anak:

• Kumur dengan air garam hangat.
Garam mengandung antikuman alami yang bisa diandalkan untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi. Air hangat bisa Anda andalkan untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan gusi.

• Minyak cengkeh.
Punya minyak cengkeh? Anda bisa meneteskannya sedikit pada kapas kemudian menempelkannya pada bagian gigi yang sakit. Minyak cengkeh memiliki fungsi sebagai mati rasa lokal yang akan menghilangkan sakit para gigi.

• Bawang putih.
Bawang putih adalah bahan antibiotika alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit gigi. Geprek bawang putih hingga menjadi serpihan kasar lalu tempelkan pada bagian gigi dan gusi yang terasa sakit.

• Jeruk nipis.
Jeruk nipis mengandung vitamin C dengan rasa asam yang bisa melawan sakit pada gigi.

• Obat pereda nyeri.
Anda bisa memberikan asam mefenamat atau parasetamol pada anak untuk meredakan gejala sakit gigi.

Dengan cara-cara di atas, rasa sakit gigi pada anak akan cepat hilang. Namun bukan berarti penyebab sakit gigi bisa juga menghilang. Ada beberapa penyebab sakit gigi yang umum terjadi pada anak misalnya tumbuh gigi baru, gigi keropos, gigi patah, gigi berlubang dan sebagainya. Jika sakit gigi datang kembali berarti anak Anda memerlukan penanganan medis untuk menghilangkan penyebab sakit gigi tersebut.

Saat sakit gigi mereda, bujuklah anak Anda untuk mau pergi ke dokter gigi sehingga bisa melakukan upaya medis yang diperlukan agar sakit gigi tak selalu kambuh. Periksa apakah ada gigi yang goyang atau gigi yang berlubang untuk memastikan penyebabnya terlebih dahulu. Namun jika sakit gigi tak kembali datang, Anda bisa membiarkannya karena mungkin sakit gigi hanya disebabkan karena makanan yang terselip di dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *