Dampak Mengonsumsi Makanan Tidak Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Makan makanan yang tidak sehat secara teratur dapat berkontribusi pada masalah kesehatan. Studi terus menunjukkan efek negatif dari banyak produk makanan tidak sehat umum. Untuk kesehatan dan kebugaran yang optimal, makan makanan seimbang dengan banyak buah, sayuran, dan biji-bijian – dan simpan kalori kosong untuk sesekali. Membiasakan diri untuk selalu hidup sehat akan membantu Anda terhindarkan dari yang namanya penyakit, sehingga biasakan diri untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat.

 

Inilah dampak yang disebabkan dari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, yaitu:

 

  • Kegemukan.

Selain penyebab lain seperti tidak aktif dan masalah medis, obesitas juga terkait dengan diet yang tidak sehat. Karena Anda harus membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi, diet berkalori tinggi yang dikombinasikan dengan aktivitas fisik kemungkinan besar akan menghasilkan kenaikan berat badan yang berlebihan. Makanan yang mengandung banyak lemak trans, lemak jenuh dan gula semuanya berkontribusi terhadap peningkatan kemungkinan obesitas. Untuk manfaat kesehatan maksimum, selalu makan sarapan dan hindari melewatkan makan sepanjang hari untuk membantu mengatur metabolisme Anda dan menghindari ngemil yang tidak sehat.

 

  • Kesehatan jantung.

Kualitas diet Anda memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan jantung Anda. Makanan asin dan berlemak dapat sangat merugikan bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan secara teratur. Untuk kesehatan jantung maksimal, sangat direkomendasikan untuk membatasi asupan garam hingga 2.400 mg setiap hari. Makanan tidak sehat lainnya yang harus dihindari termasuk soda, mentega, daging tinggi lemak, daging organ dan makanan yang digoreng. Gunakan unggas tanpa kulit jika memungkinkan. Hindari makan lebih dari tiga hingga empat kuning telur per minggu, dan selalu pilih produk susu rendah atau tidak berlemak.

 

  • Kesehatan mental.

Perlu untuk Anda pahami bahwa diet memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Makan terlalu banyak makanan sampah dapat memperburuk gejala penyakit mental seperti depresi dan kecemasan. Makanan manis dan karbohidrat olahan sangat berbahaya, karena mereka menghasilkan peningkatan gula darah yang cepat. Kentang, beras merah, oatmeal, dan karbohidrat kompleks lainnya adalah pilihan yang lebih bijak. Pilihan makanan yang tidak sehat dan kebiasaan diet juga dapat meningkatkan peluang Anda mengembangkan penyakit mental seperti Alzheimer di kemudian hari.

 

Makan makanan yang tidak sehat juga berkontribusi terhadap peningkatan kerentanan terhadap penyakit dan penyakit kronis. Tidak hanya diet yang sehat membantu mencegah penyakit jantung, tetapi juga dapat membantu pencegahan diabetes tipe 2, osteoporosis dan bahkan kanker. Diet yang tidak sehat juga dapat menyebabkan defisiensi nutrisi, yang sangat umum pada mereka yang tidak memenuhi persyaratan kalori harian. Kekurangan gizi yang paling mengancam adalah anemia defisiensi besi, defisiensi vitamin A dan gangguan defisiensi yodium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *