Daftar penyakit Kronis yang Banyak Diderita di Indonesia

Sebagai negara yang besar, Indonesia memiliki jumlah warga negara yang juga besar dan terus bertambah setiap tahunnya. Sayangnya besarnya jumlah penduduk ini juga berpengaruh terhadap besarnya jumlah penderita penyakit kronis di Indonesia. Penyakit kronis di negara ini banyak yang dipengaruhi oleh gaya hidup yang kurang sehat, lingkungan yang kurang bersih hingga kelainan bawaan. Dalam satu tahun terakhir, BPJS kesehatan sebagai lembaga jaminan kesehatan milik pemerintah telah melakukan perhitungan, penyakit apa saja yang termasuk penyakit kronis dan banyak di derita oleh masyarakat Indonesia.

Berikut ini adalah daftar penyakit kronis terbanyak di Indonesia beserta penyebab dan cara pencegahannya untuk Anda yang tak ingin bermasalah dengan penyakit-penyakit tersebut:

1. Jantung.
Penyakit jantung menjadi urutan teratas dari daftar penyakit kronis yang banyak diderita. Penyakit jantung di sini adalah penyakit jantung ringan hingga penyakit jantung berat termasuk kelainan jantung. Umumnya disebabkan karena gangguan pada peredaran darah, namun ada juga yang merupakan kelainan sejak lahir seperti bocornya katup jantung. Untuk pencegahan, lakukan olahraga secara rutin meski hanya berjalan santai setiap sore. Selain itu untuk ibu hamil, beri makanan dan minuman yang bergizi selama kehamilan sehingga janin bisa berkembang dengan sempurna.

2. Kanker.
Kanker menjadi penyakit kedua terbanyak yang diderita di Indonesia. Banyaknya jenis kanker membuat jumlah penderitanya juga melebihi penyakit kronis lainnya. Penyebab kanker umumnya adalah gaya hidup yang kurang sehat serta adanya garis keturunan. Untuk pencegahannya, hanya makan makanan yang sehat dan tidak mengandung bahan pengawet serta hindari pengaruh radikal bebas.

3. Stroke.
Stroke sangat berhubungan dengan penyakit jantung. Umumnya stroke disebabkan oleh masalah pada jantung terlebih dahulu namun kemudian menyebabkan gangguan pada sistem syaraf. Pencegahan dari penyakit ini adalah tidak mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi serta menjaga tekanan darah agar selalu berada di garis normal.

4. Hepatitis.
Hepatitis merupakan penyakit pada hati dimana hati memiliki kelainan sehingga tidak bisa melakukan fungsinya dengan baik. Penyakit hati menjadi penyakit yang mudah bertambah jumlahnya karena juga mudah ditularkan dari satu orang ke orang lain terutama melalui cairan tubuh. Pencegahan penyakit ini adalah menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan barang pribadi dan tidak meminjam atau meminjamkan barang pribadi tersebut kepada orang lain.

Selain daftar penyakit kronis di atas, masih ada lagi daftar penyakit yang menduduki peringkat tinggi di BPJS Kesehatan yaitu penyakit hemophilia. Sedangkan penyakit leukimia dan thalasemia juga termasuk penyakit dengan jumlah penderita besar yang sebenarnya termasuk dalam jenis kanker namun juga kerap dihitung secara terpisah karena tidak menyerang organ namun menyerang sel darah. Mulailah membiasakan diri dengan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga dan menjauhi junk food, minuman keras serta asap rokok untuk kesehatan diri dan keluarga yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *