Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh untuk Penderita HIV

HIV adalah virus yang menyebabkan kekebalan tubuh menurun drastis dengan ditandai berkurangnya sel CD4 di dalam darah yang berfungsi sebagai kekuatan imun. Dengan penurunan sistem imun tersebut, seseorang dengan HIV akan mudah terserang berbagai jenis penyakit terutama penyakit infeksi hingga penyakit kronis. Hingga saat ini HIV belum memiliki obat yang bisa menyembuhkan penderitanya 100%. Namun sudah ada terapi yang diberikan untuk mengurangi jumlah virus dalam tubuh hingga batas minimum sehingga jumlah CD4 darah dapat kembali diproduksi dengan normal. Meski begitu, para penderita HIV sangat disarankan untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya sendiri melalui berbagai cara.

Kini penanganan pada pasien HIV jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Jika dahulu pasien HIV lebih banyak yang mengalami fase menjadi pasien AIDS dengan berbagai penyakit yang diderita, kini pasien HIV bisa hidup dengan lebih normal dan meninggal dengan sebab yang wajar seperti menua dan sebagainya. Hal tersebut dikarenakan sudah ditemukannya terapi untuk mengurangi produksi virus meski tidak bisa menghilangkannya 100%. Karena itu, virus dalam tubuh penderita bisa bertambah kembali jika tidak terapi tidak diimbangi dengan usaha untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara mandiri.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan oleh penderita HIV yang ingin memiliki kekebalan tubuh selalu prima untuk menangkal berbagai jenis penyakit dan mengurangi resiko virus kembali berproduksi.

1. Stop kebiasaan buruk.
Merokok, minum minuman keras, menggunakan narkoba dan lain-lain adalah hal yang harus dihentikan oleh penderita HIV jika ingin memiliki tubuh yang sehat dan jauh dari penyakit.

2. Menerapkan diet sehat.
Makan makanan yang sehat dan memiliki kandungan gizi seimbang. Baik untuk penderita hiv untuk selalu mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin. Konsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh juga baik dilakukan. Suplemen herbal ataupun suplemen yang kaya akan anti oksidan akan membantu meningkatkan sistem imun.

3. Mengelola stress.
Menjauhi pemicu stress akan baik untuk kesehatan penderita HIV. Masalah psikis akan dapat menurunkan sistem imun dan menyebabkan datangnya berbagai penyakit.

4. Berolahraga.
Meningkatkan sistem imun juga bisa dilakukan dengan berolahraga rutin sesuai dengan kondisi tubuh.

5. Bersosialisasi.
Tak perlu mengurung diri dan minder pada orang lain. Penderita HIV juga harus bersosialisasi dengan masyarakat luas termasuk bergabung dengan komunitas ODHA agar bisa saling menguatkan satu sama lain.

Sudah bukan saatnya lagi penderita HIV harus terkungkung di dalam rumah. Dengan pengobatan terapi yang rutin dilakukan, pasien hiv juga bisa menjalani hidup sama seperti manusia sehat lainnya. Yang penting, selalu meningkatkan sistem imun dengan berbagai cara dari mulai berolahraga, menjaga pola makan, bersosialisasi dan mengelola stress serta tetap produktif sama dengan manusia sehat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *