Cara Mengatasi Demam Pada Anak dengan Cepat

Sakit demam memang sering sekali menyerang pada anak-anak. Pada anak sehat, demam bukanlah sesuatu yang mengarah pada hal serius. Karena ini menandakan tubuh anak sedang melawan infeksi yang menyerang. Demam pada anak biasanya tidak semuanya harus disembuhkan dengan cara berobat ke dokter. Sebagai orang tua anda bisa melakukan pengobatan sendiri untuk menangani demam pada anak. Anda bisa melakukan pengobatan rumahan untuk menurunkan panas tubuh anak.

Anak dikatakan demam jika suhu tubuhnya berada pada angka 37 derajat Celcius. Suhu tubuh anak saat demam ini bisa naik turun, dimana lebih rendah saat pagi hari dan mendadak bisa lebih tinggi menjelang malam hari. Saat suhu tubuh mulai naik ini tak jarang anak akan menggigil. Sehingga menyebabkan anak menjadi rewel dan susah tidur. Kondisi ini tak karang membuat para orang tua menjadi khawatir. Menanggapi hal ini, untuk orang tua tidak perlu panik terlebih dahulu. Anda bisa melakukan tindakan pertama untuk membantu menurunkan demam anak, sebelum memutuskan membawanya ke dokter untuk diperiksa. Berikut ini pengobatan sederhana yang bisa dilakukan untuk menurunkan demam anak, yaitu:

1. Kompres dengan air hangat.
Cara ini memang sudah ada secara turun temurun dan efektif membantu menurunkan demam pada anak.

2. Memandikan anak dengan air hangat.
Mandi dengan air hangat turut membantu mengatasi demam pada anak. Air hangat yang mengenai kulit anak bisa membantu mendinginkan tubuh dan suhu tubuh akan sedikit menurun.

3. Membantu panas tubuh anak agar cepat keluar.
Saat demam, Anda tidak harus memberikan anak pakaian yang tebal. Cukup dengan pakaian yang tipis namun tertutup, lalu selimuti anak. Pakaian tebal justru akan mencegah panas tubuh anak yang ingin keluar. Selain itu, Anda juga bisa mengatur suhu kamar senyaman mungkin untuk anak, dimana tidak terlalu kedinginan maupun kepanasan.

4. Memberikan air minum yang banyak.
Hal ini bertujuan agar anak tidak mengalami dehidrasi. Selain itu juga membantu mengeluarkan panas dalam tubuh anak secara cepat dan efektif.

5. Memperhatikan asupan makanan anak.
Saat demam, anak harus tetap makan agar kondisi tubuh cepat sembuh. Semakin tinggi demam yang diderita, maka anak memerlukan asupan gizi yang lebih banyak juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *