Berikut Beberapa Penyakit yang Kerap Diturunkan Orang Tua Pada Anaknya

Memiliki anak yang sehat dan sempurna adalah kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga kesehatannya agar terhindar dari penyakit infeksi. Namun bagaimana jika ternyata orang tua memiliki penyakit yang beresiko diturunkan pada sang anak? Mengetahui kenyataan bahwa Anda bisa memberikan anak penyakit kronis adalah hal yang menyedihkan, namun meski begitu persiapan dibutuhkan agar anak bisa terhindar dari penyakit keturunan tersebut atau setidaknya meminimalisir pengaruhnya.

Untuk meningkatkan kewaspadaan sebagai orang tua, Anda harus mengetahui penyakit apa saja yang bisa diturunkan orang tua kepada anaknya. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit keturunan yang kerap terjadi di Indonesia:

1. Diabetes.
Diabetes adalah penyakit kronis yang bisa diturunkan pada anak. Anak dengan orang tua mengidap diabetes memiliki resiko lebih besar terkena diabetes dibandingkan orang lain. Anda bisa mempersiapkan anak untuk penyakit ini dengan cara mengajarinya hidup sehat sedari dini dan diet gula serta garam.

2. Hemofilia.
Penyakit kelainan pada darah ini disebabkan karena faktor genetika. Orang tua yang mengidap hemofilia yaitu gangguan pembekuan darah bisa menurunkan penyakit pada anak laki-lakinya. Pencegahan tidak bisa dilakukan namun Anda bisa mempersiapkan keluarga dengan menyediakan obat luka dan obat pembekuan darah serta plester jika sewaktu-waktu terjadi luka ringan. Jika anak mengalami kecelakaan, segera bawa ke dokter untuk tindakan yang lebih lengkap.

3. Kanker.
Penyakit kanker juga merupakan penyakit yang bisa diturunkan. Sama seperti diabetes, anak dengan orang tua yang mengidap kanker memiliki resiko lebih besar terkena kanker yang sama. Bagi Anda yang memiliki resiko besar tersebut, melakukan pemeriksaan secara rutin sangat dibutuhkan untuk mendeteksi kanker sedari dini.

4. Penyakit jantung.
Penyakit jantung dan gangguan peredaran darah seperti darah tinggi juga bisa diturunkan. Penyakit ini akan menjadi semakin parah bagi mereka dengan orang tua berpenyakit jantung dan memiliki kebiasaan hidup yang kurang sehat seperti merokok ataupun minum alkohol. Bagi Anda yang memiliki penyakit jantung dengan anak kecil, mulai biasakan hidup sehat dalam keluarga agar anak Anda tidak memiliki penyakit yang sama.

5. Alzaimer.
Merupakan penyakit kelainan fungsi otak yang menyerang seseorang di usia senja. Orang tua yang memiliki penyakit alzaimer akan memberikan resiko lebih besar kepada anaknya untuk terkena penyakit yang sama.

Itulah beberapa contoh penyakit keturunan yang bisa diturunkan oleh orang tua kepada anaknya. Jika Anda memiliki salah satu penyakit di atas maka sebisa mungkin melakukan tindakan pencegahan untuk si kecil agar tak mengalami penyakit serupa di masa depan. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter bagaimana caranya agar si kecil tak perlu mengalami hal yang sama. Menanamkan pola hidup sehat sejak dini selalu menjadi cara terbaik untuk mencegah penyakit termasuk penyakit keturunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *