Bau Mulut Tidak Sedap Seperti Urine? Bisa Jadi 5 Hal Ini Penyebabnya!

Memiliki wajah yang cantik dan juga suara yang indah bukan jaminan orang lain akan betah berlama-lama mengobrol dengan Anda. Hal tersebut dipicu oleh beberapa macam faktor, salah satunya bisa jadi karena bau mulut. Hal sepele namun pastinya pernah dialami oleh setiap orang bukan. Aroma napas ini nyatanya memang bisa sangat menganggu rasa percaya diri untuk tampil di hadapan orang lain. Bahkan banyak orang yang mencoba berbagai macam cara untuk menghilangkannya, namun tetap saja bau mulut tetap tidak enak.

 

Beberapa diantaranya bahkan pernah mengalami bau mulut yang seperti urine atau kencing. Berikut ini diantaranya faktor yang menyebabkan bau mulut yang harus Anda ketahui yaitu:

 

  1. Mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu, tidak semua makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak menyisakan aroma kurang sedap, beberapa jenis seperti diantaranya adalah alkohol, makanan yang tinggi kandungan proteinnya, hingga kelompok bawang-bawangan tergolong sebagai yang sangat mempengaruhi aroma napas menjadi tidak sedap. Bahkan ketika sudah sikat gigi sekalipun, sehingga mulai kurangi konsumsinya.
  2. Penyakit ginjal, masalah yang terjadi pada ginjal, salah satu diantaranya adalah gagal ginjal kronis ternyata juga bisa mempengaruhi aroma mulut. Hal ini disebabkan karena seharusnya ginjal tersebut bekerja untuk menyaring darah dan mengeluarkan zat-zat yang bersifat racun di dalam tubuh, justru tetap menyimpan zat-zat tersebut, sehingga berpengaruh pada aroma napas.
  3. Infeksi bakteri, infeksi beberapa jenis bakteri tertentu juga sangat mempengaruhi aroma mulut, karena bakteri menghasilkan gas atau zat yang mengandung amonia, seperti diantaranya adalah bakteri Heliobacter pylori, dimana memang bakteri yang satu ini bisa beresiko tinggi juga untuk menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya di tubuh, layaknya tukak lambung hingga kanker perut.
  4. Sinusitis, masalah kesehatan yang menyerang rongga hidung, sehingga membuat penderitanya sering kali kehilangan kemampuan untuk membaui ketika suhu tengah dingin atau terkena alergi debu. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri hingga virus tertentu yang ternyata juga mempengaruhi aroma napas.
  5. Uremia, pada dasarnya uremia ini termasuk salah satu masalah pada ginjal, yaitu tahapan akhir kerusakan organ tersebut sehingga membuat zat-zat sisa yang seharusnya dikeluarkan dari dalam tubuh tetap mengendap di darah. Zat-zat tersebutlah yang nantinya akan mempengaruhi aroma mulut menjadi bau meskipun sudah rajin menggosok gigi atau membersihkan mulut ke dokter.

 

Jadi ada baiknya untuk tidak menyepelekan bau mulut, karena bisa jadi faktor penyebabnya adalah penyakit yang sangat berbahaya. Jadi segera periksakan ke dokter, jika faktor penyebab bau mulut tersebut hanya masalah makanan atau minuman yang dikonsumsi, maka dapat diatasi secara mudah dengan mengurangi konsumsi minuman atau makanan penyebabnya tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *