Batuk Berminggu-minggu Tidak Kunjung Sembuh? Waspada Bahaya Ini!

Batuk bagi sebagian orang memang terlihat sepele, tetapi hal itu tidak selalu bisa disepelekan. Apalagi ketika batuk sudah berlangsung selama berminggu-minggu, banyak sekali kemungkinan yang terjadi dari pertanda tersebut. Seperti yang diketahui bersama dalam dunia medis ada beberapa sakit berbahaya dengan tanda awal batuk secara berlebihan. Bukan saja untuk anak, tetapi perlu diwaspadai pula bagi mereka yang sudah dewasa. Jika tidak percaya, akan dibahas apa saja kemungkinan buruk yang terjadi dari batu secara terus menerus.

Kebiasaan atau gaya hidup buruk menjadi salah satu faktor kenapa batuk yang dialami dikategorikan berbahaya. Selain merokok, ada pula beberapa kemungkinan lain seperti kurangnya konsumsi air mineral ataupun akibat kondisi udara yang tidak sehat. Selain itu, ada beberapa penyakit yang perlu Anda waspadai lainnya seperti:

1. Asma.
Secara umum orang yang menderita penyakit asma sering mengalami batuk secara terus menerus disertai sesak nafas. Umumnya akan kambuh saat beberapa hal seperti musim tertentu, menghirup bahan kimia, wewangian atau lainnya.

2. Infeksi.
Bisa dicurigai pula terjadi infeksi seperti TB, bronkitis sampai dengan batuk rejan yang tidak bisa disepelekan. Jika sudah mengalami hal ini tentu saja harus segera dikonsultasikan dengan dokter ahli.

3. Kanker paru.
Lebih berbahaya lagi jika batuk tidak kunjung sembuh adalah masalah kanker paru yang bisa menimbulkan gejala lain seperti nyeri dada, baru berdarah sampai dengan turunnya berat badan.

4. Bronkitis kronis.
Lebih berbahaya lagi adalah bronkitis yang sudah kritis, dimana biasanya terjadi pada mereka perokok aktif. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula mereka sebagai perokok pasif.

Nah, itulah beberapa masalah sakit yang bisa terjadi akibat batuk yang tidak kunjung sembuh. Pada umumnya memang batuk bisa menjadi tanda berbagai hal, bisa juga secara sederhana sembuh dengan pengobatan sederhana. Tetapi jika sudah lebih dari seminggu tidak ada perubahan bahkan justru semakin parah, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter lebih ahli. Pastikan jika batuk tersebut bukan pertanda penyakit berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *